Peran Gadget Dalam Dunia Pendidikan Masa Kini

Foto: Fadliya Pakaya, Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo (UNG)/SangFajarNews.


Penulis: Fadliya Pakaya, Mahasiswa Semester V Universitas Negri Gorontalo.


SangFajarNews - Disamping sisi positif penggunaan gadget untuk siswa, ada pula dampak negatif dari penggunaan gadget yang tidak tepat. Penyalahgunaan gadget dapat menyebabkan beberapa dampak negatif, diantaranya:


1. Tersebarnya informasi yang belum semestinya didapatkan oleh siswa , misalnya pornografi.


2. Anak bisa terisolasi dengan lingkungan sekitar jika terlalu asyik bermain dengan gadget.


3. Berpengaruh pada kesehatan, khususnya mata jika pemakaiannya tidak tepat.


4. Timbulnya Cyber Bullying karena kebebasan anak yang tidak terkontrol dalam bermain media sosial.


Mengingat kehadiran gadget sebagai salah satu kemajuan teknologi sudah tidak dapat dihindari kedatangannya, maka perlu dilakukan upaya untuk menangkal segi negatif dalam penggunaan gadget untuk siswa . Demikian juga penggunaan gadget pada siswa SD. 


Menurut Astin Nikmah (2013:2), ponsel dapat terhubung dengan layanan internet dapat membantu siswa menemukan informasi yang dapat menopang pengetahuannya di sekolah. 


Namun, pada kenyataannya sangat sedikit pelajar yang memanfaatkan pada sisi ini. Ponsel yang mereka miliki umumnya digunakan untuk sms, game, mendengarkan musik, hiburan, mengakses media sosial, meggunakan ponsel tidak tepat, dan sebagainya.


Gadget merupakan teknologi sekaligus gaya hidup yang saat ini tidak bisa ditinggalkan. Namun benda kecil ini bisa mempengaruhi karakter, kecerdasan intelektual, kecerdasan verbal/literasi, kecerdasan emosi dan perilaku remaja. Kecanduan gadget bisa membahayakan penggunanya.


Dibutuhkan kolaborasi dari orangtua, guru, dan lingkungan sekitar yang untuk mengarahkan, mengawasi dan mendidik anak dan siswa agar mereka bisa menggunakan gadget dengan bijak.(*)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url