Jelang Pilkada 2024, KIPP Wakatobi Ingatkan KPU dan Bawaslu Tetal Jaga Netralistas


Foto: Ardianto Irwan, Ketua KIPP Wakatobi bersama Anggota Polres Wakatobi/Sangfajarnews.


WAKATOBI, SANGFAJARNEWS.COM - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kabupaten Wakatobi meminta penyelenggara Pemilu untuk menjaga Netralitas dan Integritas Jelang Pilkada Serentak tahun 2024.

Hal ini disampaikan Ketua KIPP Wakatobi Ardianto Irwan saat menggelar konferensi pers bersama sejumlah awak media, Rabu (28/8/2024).

Dalam konferensi pers tersebut, Ardianto sapaan akrabnya, menyampaikan beberapa kekhawatiran terkait netralitas pengawas dan penyelenggara pemilu di Wakatobi.

Ardianto mengatakan pentingnya Netralitas penyelenggara dan pengawas pemilu (Bawaslu dan KPU Wakatobi) demi terwujudnya Pilkada yang berintegritas dan demokratis.

"Ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memantau kinerja KPU dan Bawaslu dalam menjaga netralitas agar bisa mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan demokratis serta menjaga kemurnian demokrasi dengan tidak melakukan pelanggaran atau berpihak pada salah satu paslon," ucapnya.

Berdasarkan penelusuran KIPP Wakatobi, penyelenggara dan pengawas Pilkada di tingkat Desa/Kelurahan, ditemukan beberapa penyelenggara Pilkada yang punya hubungan keluarga dengan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi.

"Terdapat penyelenggara yang punya hubungan keluarga dengan Anggota Partai Pengusung Bakal Calon Bupati dan Wakilnya, serta ada beberapa suami atau istri dan orang tua dari beberapa Penyelenggara yang merupakan Timses dari Paslon tertentu. Jangan sampai mereka tidak netral, maka itu butuh pemantauan dari semua elemen bangsa," sambungnya.

Ardianto berharap agar Bawaslu dan KPU Wakatobi dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang. Ia juga meminta semua pihak tetap menjaga keamanan selama tahapan Pilkada di Kabupaten Wakatobi.

“Tetap jaga keamanan selama tahapan Pilkada sampai hari pencoblosan. Semoga ini bisa menjadi perhatian kita bersama, agar terwujud Pilkada yang benar-benar berintegritas, Aman, serta berkualitas,” harapnya.***

Laporan : Adhar.
Editor     : Adhar.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url